WABAH DEMOKRASI

Berawal dari ‘pesta demokrasi’ yang hingga kemarin menurut Republika telah menelan 474 korban jiwa, kebanyakan petugas pemilu KPPS.

 

PESTA DEMOKRASI ?

Menurut John Pamberton, “pesta” merujuk pada jamuan upacara pernikahan dengan ritual yang sudah bisa ditebak

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka.

Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi—baik secara langsung atau melalui perwakilan—dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum.

Dewasa ini, istilah “Pesta Demokrasi” lekat dengan segala jenis pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia, mulai dari pemilihan presiden, kepala daerah, hingga anggota legislatif. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggunakan istilah “Pesta Demokrasi” dalam materi promosi Pemilu Serentak 2019.

 

 

Politisi dari beragam kelompok juga kerap mempertukarkan dua istilah tersebut. Presiden Joko Widodo menyatakan memakai “pesta demokrasi” guna merujuk Pemilu Serentak 2019. “Rakyat menyambut pesta demokrasi itu dengan kegembiraan, dengan antusiasme yang tinggi, serta kedewasaan politik yang semakin matang,” ujar Jokowi dalam pidato kenegaraannya, Kamis (16/8/2018). Pelbagai media, termasuk Tirto, kerap menggunakan “Pesta Demokrasi” sebagai kata ganti Pemilu. Para media juga menggunakan istilah tersebut dalam materi promosi liputan Pemilu, seperti yang dilakukan Metro TV atau Net TV. Bahkan, BBC Indonesia menggunakan istilah itu dalam nama program khusus berita Pemilu tahun depan. Di Indonesia, bicara pesta demokrasi berarti bicara Pemilu sehingga demokrasi, baik di tingkat individu warga negara maupun lembaga negara, seolah hanya dilaksanakan melalui Pemilu. Lantas, bagaimana bisa Pemilu di Indonesia bisa dipertukarkan dengan istilah “pesta demokrasi”?

 

WABAH

 

 

Menurut Wikipedia  bebas; wabah/wa·bah/ n penyakit menular yang berjangkit dengan cepat, menyerang sejumlah besar orang di daerah yang luas (seperti wabah cacar, disentri, kolera); epidemi;

Dalam epidemiologiepidemi (dari bahasa Yunani epi– pada + demos rakyat) adalah penyakit yang timbul sebagai kasus baru pada suatu populasi tertentu manusia, dalam suatu periode waktu tertentu, dengan laju yang melampaui laju “ekspektasi” (dugaan), yang didasarkan pada pengalaman mutakhir.

mewabah/me·wa·bah/ v menjadi wabah; merata di mana-mana; menular: penyakit yang dibawa ulat-ulat aneh ~ di kelurahan ini

 

KEJADIAN LUAR BIASA (KLB)

 

Kejadian Luar Biasa (KLB) adalah salah satu status yang diterapkan di Indonesia untuk mengklasifikasikan peristiwa merebaknya suatu wabah penyakit.

Status Kejadian Luar Biasa diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 949/MENKES/ SK/VII/2004. Kejadian Luar Biasa dijelaskan sebagai timbulnya atau meningkatnya kejadian kesakitan atau kematian yang bermakna secara epidemiologis pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.

Kriteria tentang Kejadian Luar Biasa mengacu pada Keputusan Dirjen No. 451/91, tentang Pedoman Penyelidikan dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa. Menurut aturan itu, suatu kejadian dinyatakan luar biasa jika ada unsur:

  • Timbulnya suatu penyakit menular yang sebelumnya tidak ada atau tidak dikenal
  • Peningkatan kejadian penyakit/kematian terus-menerus selama 3 kurun waktu berturut-turut menurut jenis penyakitnya (jam, hari, minggu)
  • Peningkatan kejadian penyakit/kematian 2 kali lipat atau lebih dibandingkan dengan periode sebelumnya (jam, hari, minggu, bulan, tahun).
  • Jumlah penderita baru dalam satu bulan menunjukkan kenaikan 2 kali lipat atau lebih bila dibandingkan dengan angka rata-rata perbulan dalam tahun sebelumnya.

 

 

 

 

 

Jenazah anggota KPPS 13 Perum Hegarmanah, Cianjur, Jawa Barat, Entis Tisna Sasmita (62) saat akan dibawa ke tempat peristirahatannya yang terakhir. Entis meninggal diduga kelelahan usai menjalankan tugas di TPS. (KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Fakta Tragedi Petugas KPPS di Pemilu 2019, Korban Meninggal 91 Orang hingga Demo Tagih Honor”, https://regional.kompas.com/read/2019/04/23/13060761/5-fakta-tragedi-petugas-kpps-di-pemilu-2019-korban-meninggal-91-orang-hingga?page=all.
Penulis : Michael Hangga Wismabrata Editor : Khairina

Trauma psikologis

Trauma psikologis adalah jenis kerusakan jiwa yang terjadi sebagai akibat dari peristiwa traumatik. Ketika trauma yang mengarah pada gangguan stres pasca trauma, kerusakan mungkin melibatkan perubahan fisik di dalam otak dan kimia otak, yang mengubah respon seseorang terhadap stres masa depan.